Akumindo Memberi Tanggapan Terkait Perpers No 20 Tahun 2018

INDONESIASATU.CO.ID:

JAKARTA ; Akumindo memberikan tanggapan terkait Perpres No. 20 tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing di Indonesia. Membaca dengan seksama Perpres tersebut maka hal ini didasari oleh karena investasi yg berasal dari Pemodal Asing yg Investasi di Indonesia atau disebut Pemberi Kerja TKA.

Semua kewenangan izin ada ditangan Menteri Hukum dan HAM yang isinya dengan rinci menyampaikan syarat dan jabatan yang dapat diisi oleh TKA sesuai dengan Permen yang segera akan dibuat oleh Menteri Hukum dan Ham. Akumindo melihat bahwa berdasarkan data terakhir bahwa UMKM penyerap 96 persen tenaga Kerja di Indonesia, maka alangkah baiknya bahwa Program Pemberdayaan UMKM terus digalakkan dgn terobosan2 baru yang betul-betul sesuai aspirasi UMKM di Indonesia untuk menjadi Balancing atau Penyeimbang pelaksanaan Perpres tersebut.

Pengawasan terhadap TKA dengn dikaitkan penggunaan Visa Bebas sesuai kebijakan sebelumnya harus dilakukan MELEKAT, karena bukan tidak mungkin arus masuk pekerja asing bisa jadi berubah menjadi WNI dengan memanfaatkan kelemahan sistem Kependudukan di Indonesia. Sebaiknya Perpres ini ditinjau ulang dengan mencantumkan Pengawasan dilakukan oleh Instansi apa?, agar ancaman terhadap meningkatnya pengangguran di Indonesia dapat terhindarkan.

  • Whatsapp

Index Berita